Cari Blog Ini

Rabu, 18 September 2013

Contoh Cerita

Berikut ini merupakan contoh dari cerita yang di buat perbincangan

Pulau mayat

Akhir-akhir ini marwan sering memanjat pohon kelapa tinggi-tinggi di kampungnya . diapun duduk berlama-lama memandang kejahuan tetapi hanya ada banda aceh seperti perca besar yang di bentangkan. Tetapi dibawah pohon terdengar suara ayam yang aneh dan kucingnya ikut memanjat pohon.

Marwan               : Suara apa ini ? (sambil melihat di bawah pohon) owh, ternyata suara ayam. Tapi kok                                     suaranya aneh? Dan mengapa kucingku ikut naik ke pohon juga ,tidak seperti biasanya.

                Tengah malam kemarin ibu dan istrinya malah terbangun ,mereka mendengar suara burung-burung malam yang terus berbunyi sampai subuh.

Istri Marwan      : kenapa sih, burung burung itu gak berhenti-berhenti ?
Ibu Marwan       : gak tau tuh mulai tadi gak berhenti-berhenti.
Marwan               : ada apa sih kok rebut-ribut ?(sambil mengucek mata)
Istri Marwan      : masa’ mulai tadi km gak dengar ?
Marwan               : aku gak dengar apa-apa mulai tadi.
Istri Marwan      : itu lho suara burung-burung malam tidak henti-hentinya bernyanyi, aku kan gak bisa                                     tidur.
Marwan               : iya benar.
Ibu Marwan       : mungkin ini tanda apabila akan tejadi peristiwa besar.
Marwan               : tapi, peristiwa apa dan kapan terjadinya ?
Ibu Marwan       : ibu juga tidak tau,Nak.

                Keesokan harinya,Marwan masih ingin melaut. Tetapi istrinya melarangnya.

Istri Marwan      : Hari ini jangan melaut dulu kau,istirahatlah dulu, akupun tak enak badan sejak tadi                                         malam.
Marwan               : aku masih bisa melaut kok, lagi pula kalau aku tidak melaut kita mau makan dari mana                                   hari ini ?(bergegas meninggalkan pantai)
               
                Setibanya di tengah samudra.tiba-tiba marwan dan dua orang rekannya mendengar suara gemuruh,mesin kapal tersengal-sengal seperti tersangkut pukat,beberapa air turun membentuk jurang sangat dalam dan perahu marwan tersedot hingga ke dasar bumi. Kemudian seperti di hempaskan ke atas dengan cepat, kemudian laut kembali tenang seperti tidak terjadi apa-apa. Panik dengan kejadian itu marwanpun mengajak pulang.

Marwan               : Pulang yuk, Kawan-kawan . firasatku tidak enak nih.
Rekan 1               : ayok, perasaanku juga tidak enak nih mulai tadi.
Rekan 2               : apalagi setelah terjadi kejadian barusan.
Marwan               : kemana ombak itu pergi ? dan mengapa firasatku mengatakan ada kejadian besar                                          didarat. (gemerutu marwan sendirian)

Apa yang di khawatirkan Marwan benar terjadi. Melebihi apa yang dia bayangkan sebelumnya . Pulau Nasi luluh lantah , dengan bergegas dia berlari menuju rumahnya, orang-orang ramai sedang mengurus mayat Ibu,Istri dan anaknya. Marwan menyesal tidak menuruti nasihat istrinya.

Marwan               : kenapa aku tadi tidak menuruti nasihat istriku untuk istirahat dulu, lebah baik aku saya                                  yang meninggal dari pada mereka.(sambil menangis)

                Setelah memakamkan ibu,istri dan anaknya,serta korban lainya,keucik yang memimpin upacara penguburan mencoba tersenyum sesaat, setelah melihat warganya banyak yang selamat. Dia menepuk-nepuk punggung marwan untuk tabah. Setelah upacara pemakaman selesai.

Keucik                 : Yang sabar ya,Wan. Semua ini pasti ada hikmahnya kok.
Marwan               : benar ,pak. Saya akan mencoba untuk tabah. (tidak bisa menahan kesedihan)

                Marwan termenung sedih di atas bukit, memandang banda aceh yang banyak mengalami perbedaan.kemudian Marwan terkesiap, arus pantai membawa beberapa mayat merapat ke pantai. Marwan turun dari bukit dan berteriak memanggil orang-orang sekampungnya.

Marwan               : ada mayat, ada mayat !
Warga                   : Di mana ,wan ? dimana ? (Panik)
Marwan               : di pantai , ayo kita makamkan !

                Setelah lelah mengubur beberapa mayat di kampungnya sendiri, merekapun menguburkan mayat-mayat itu dengan kain kafan di meunasah. Tapi sore harinya, mayat-mayat kembali terdampar, dan jumlahnya pun tambah banyak. Dan kain kafan pun sudah habis.

Keucik                   : kita harus mengungsi ! Selain bangunan ini Cuma bangunan sekertaris desa dan                                              bangunan koramil yang tidak hancur. Kita harus mengungsi dari pulai ini  sebelum                                          mayat menjadi lebih banyak dari pada manusia yang hidup. Besok kita haru mengungsi                                  ke pelabuhan, sapa tau ada perahu yang dating. Pulau ini tak ada makanan dan                                               sebentar lagi akan penuh penyakit.
Warga                   : siap Keucik.

                Keesokan paginya para warga desa dan warga desa lainya ikut mengungsi di pelabuhan sambil mngharap ada kapal ynag merapat. Marwan dan beberapa warga lainnya tetap menunggu di atas bukit. Hingga malam hanya marwan yang sanggup melihat mayat berlama-lama di bukit. Dia melihat anjing ke pantai, maka turunlah marwan ke pantai. Anjing-anjing itu tidak takut ke marwan. Malahan anjing-anjing itu menggigit marwan seperti babi buronan.

Marwan               : tolong-tolong ! cepat bantu aku (sambil melawan anjing itu)

                Walaupun Marwan berteriak tidak ada orang yang mendengar akhirnya marwan dapat lolos walaupun dengan luka-luka.

Marwan               : akhirnya selamat juga.
Warga                   : selamat dari apa wan?
Marwan               : dari anjing-anjing kelaparan di pantai.

                Keesokan harinya sebuah perahu di tengah laut kebingungan hendak merapat.

Keucik                   : cepatlah kalian menyambut kapal itu untuk segara merapat !
Warga                   : ayo kita sambit mereka.

                Perahu itu membawa sedikit air dan makanan dari banda aceh. Si pemilik perahu pun mengunjungi sebentar para korban . lalu kembali ke banda aceh dengan para korban. Perahu di dayung dan tidak ada yang berbicara. Marwanpun melihat pulau tempat tinggalnya yang seperti pulau mayat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar